BERBAGI CERITA : REVIEW HUAWEI E3131 DONGLE


21 Agustus 2013, HUAWEI_E3131_DONGLE15.00 WIB, saya baru beli modem, merk HUWAEI seri E3131 DONGLE di modemjogja.com yang beralamat di Jl. Monjali no. 177 Yogyakarta. Sebelumnya saya juga pernah beli modem di toko ini. Waktu itu saya beli modem Option Icon 461 yang sudah saya review disini. Kali ini saya mencoba untuk sedikit mereview modem Huwaei ini.

1. DARI SEGI FISIK

Saya mulai saja review dari segi fisik. Warna modem ini hampir keseluruhan ditutupi oleh warna hitam. Soal bentuk, menurut saya standar dan cukup ramping. Untuk memasukkan kartu SIM, harus membuka tutup body dari modem. Modem ini punya port untuk memasang antena tambahan. Untuk port antena ini, saya belum coba, karena tanpa antena tambahan, signal sudah diatas 90%. Dan satu hal lagi yang mungkin sering dialami oleh pengguna perangkat USB, baik itu flash disk, modem, dan sebagainya, yaitu soal tutup perangkat. Modem ini, sama seperti modem yang lain, yakni memiliki tutup pelindung yang bisa lepas pasang, hanya saja perbedaan modem ini dibanding modem yang biasanya adalah ketika anda melepas tutup modem, tutup modem akan selalu ikut kemanapun modem pergi alias tak terpisahkan. Itu karena ada seutas tali yang mengikat hubungan mereka berdua. Sehingga anda tak perlu khawatir akan kehilangan tutup modem.

Berikut spesifikasi untuk modem Huawei E3131 Dongle:

  • 3G : HSPA+/HSUPA/HSDPA/HSPA/UMTS9 (WCDMA0) 2100 Mhz
  • 2G : GSM/GPRS/EDGE 850/900/1800/1900 Mhz
  • Kecepatan download up to 21.6 Mbps (HSPA+)
  • Upload up to 5.76 Mbps (HSUPA)
  • Port : USB 2.0
  • Slot tambahan untuk kartu micro sd
  • Port tambahan untuk antena eksternal
  • Layanan Data dan SMS

2. DARI SISI SOFTWARE INSTALLER

Saya sudah coba modem ini dibeberapa sistem operasi diantaranya :

  • Microsoft Windows XP SP2
  • Microsoft Windows 7 Professional
  • Linux Ubuntu 10.04 LTS
  • Linux Ubuntu 12.04 LTS

Pada sistem operasi Windows XP dan Windows 7, instalasi modem cukup mudah, karena tinggal menjalankan software bawaan dari modem. Intinya tinggal Setup, Next, Next, Next, dan Finish.  Sedangkan pada sistem operasi Linux Ubuntu 10.04 dan Linux Ubuntu 12.04, instalasi modem ini lebih mudah lagi. Kenapa, karena modem ini sudah dikenali langsung oleh Sistem operasi Linux Ubuntu, sehingga tinggal mengatur Profil Koneksi pada Network Manager.

3. DARI SISI KUALITAS

  • Pertama kali saya mencoba, jujur saja modem ini memiliki suhu yang cukup panas berlebih. Dan Jika modem ini sudah terlalu panas, maka koneksi internet akan putus dengan sendirinya. Sampai saat ini, belum ada masalah dan semoga untuk kedepannya tidak akan ada masalah.
  • Untuk menjajal modem ini, saya menggunakan kartu 3 yang berbasis kuota dan belum pernah coba dengan kartu lain. Dari sisi kecepatan download untuk siang hari (06:00 – 23:59), jika koneksi dalam keadaan normal, transfer rate download bisa 100-120 Kbps. Untuk malam hari (00:00 – 05.59), jika koneksi dalam keadaan normal, transfer rate download bisa 500-900 Kbps.

Oke, kurang lebihnya seperti itu saja review untuk modem Huawei e3131 Dongle. Review ini sesuai dengan pengalaman yang saya alami sendiri tanpa menambah atau mengurangi sesuatu apapun. Semoga bermanfaat.

Salam JFS…!

Explore posts in the same categories: Perangkat Keras

Tags: , , , , , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

17 Comments on “BERBAGI CERITA : REVIEW HUAWEI E3131 DONGLE”

  1. Wahyu pambudi Says:

    Makasih udah share info bro.

  2. bormak Says:

    sy bru beli modem e3131 trus pake kartu 3 … trus langsung ane pake…. susah banget….
    pdahal tmn sy disebelah pake telkom flas kartu 3 juga. Lancar lancar saja….

    Mohon pencerahanya…

    • triisnanto Says:

      Coba pinjam kartu 3 temanmu, pasang dimodem kamu, pastikan kartu 3 nya dalam keadaan baik (tidak rusak, masih aktif, dan ada kuota). Dan juga sebaliknya, coba kartu 3 mu coba dimodem temanmu, untuk cek apakah kartu 3 mu bermasalah atau tidak. Kalau ternyata kartunya baik baik saja dan masih susah, Kemungkinan modemnya yang rusak/error. Masih garansi kan? Lebih baik segera minta replace (ganti baru) saja ke toko yang jual. Makasih udah nyempetin buat mampir.

  3. rudi Says:

    Gan,gimana mengatasi error 522 pada modem tipe e3131?

  4. odi Says:

    makasih udah ngasih infonya , lumayan buat referensi beli modem


  5. Makasih infonya gan. Oiya saya baru aja beli USB Dongle Modem E3131 Huawei, cuma sampe sekarang gak bisa di pake (sudah 3 hari) gan karena tidak bisa terkoneksi oleh simcard “Device not found”. Saya coba ganti operator (Simcard) lain juga tetap gak bisa atau setting APN juga udah otak atik juga gak bisa ya. Kira2 agan tau masalahnya ad dimna?

    Makasih

    • triisnanto Says:

      Pengalaman dari 2 modem yang saya punya, kalo terjadi device not found, itu gak ada hubungannya dengan SIM CARD. Berarti ada masalah pada modem. Kalo emang beli baru, lebih baik segera aja klaim garansi. Terimakasih.


  6. Saya sangat suka bagian Linux-nya. Betap sedikit orang mampu me-review seperti ini di Indonesia. Saya berterima kasih dari hati kecil.


  7. 2. DARI SISI SOFTWARE INSTALLER

    Saya sudah coba modem ini dibeberapa sistem operasi diantaranya :

    Linux Ubuntu 10.04 LTS << TOLONG TRIKNYA GAN
    Linux Ubuntu 12.04 LTS << TOLONG TRIKNYA GAN

    Pada sistem operasi Windows XP dan Windows 7, instalasi modem cukup mudah, karena tinggal menjalankan software bawaan dari modem. Intinya tinggal Setup, Next, Next, Next, dan Finish. Sedangkan pada sistem operasi Linux Ubuntu 10.04 dan Linux Ubuntu 12.04, instalasi modem ini lebih mudah lagi. Kenapa, karena modem ini sudah dikenali langsung oleh Sistem operasi Linux Ubuntu, sehingga tinggal mengatur Profil Koneksi pada Network Manager.

    Minta tutorialnya untuk UBUNTU.. GAN

    • triisnanto Says:

      Pertama di ‘lsusb‘ dulu, untuk mengetahui apakah modem terdeteksi atau tidak, sekaligus untuk mengetahui kode vendor dan product dari modem Huwaei e3131. Dikomputer saya terdeteksi 12d1:1506. Setelah itu, pakai perintah modprobe. Caranya ‘sudo modprobe usbserial vendor=0x12d1 product=0x1506. Dari sini seharusnya modem sudah bisa langsung dikonfigurasi lewat Network Manager. Sudah saya coba di ubuntu yang fresh install (belum terinstal paket apapun) dan berhasil.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: