BERBAGI CERITA : TES KOMPETENSI DASAR (TKD) KEMENTERIAN LUAR NEGERI (KEMLU) 2013


“6 oktober 2013 | 13:30 – 15:00 ”

Yup, itu adalah salah satu sesi jadwal ujian awal alias Tes Kompetensi Dasar perekrutan pegawai CPNS di lingkungan Kementerian Luar Negeri Tahun 2013. Tahun 2013 ini memang menjadi ajang ‘pesta’ bagi setiap orang yang bermimpi menjadi seorang PNS, seperti saya yang masih pengangguran sampai saat ini.

Mulai dari awal bulan september, saya sudah mantengin info perekrutan cpns 2013, tentunya melalui media internet. Sebenarnya dari sekian banyak lembaga kementerian maupun daerah yang mengadakan perekrutan, hanya beberapa yang menyediakan formasi untuk lulusan seperti saya ini. Kebetulan saya adalah lulusan dari jurusan Diploma 3 Teknik Komputer. Tetapi, kebanyakan tidak memenuhi kualifikasi karena terkendala umur yang sudah melebihi batas. Maklumlah lulusan 2009, baru daftar cpns tahun ini, telat kali yee … Hehe …

Akhirnya setelah menunggu dan mencari, ada juga lembaga yang mengadakan perekrutan untuk D3 Teknik Komputer dan tentunya sesuai dengan umur saya. Lembaga itu adalah Kementerian Luar Negeri. Formasi yang saya pilih adalah Petugas Komunikasi (PK). Formasi ini membutuhkan 27 orang berijazah Diploma 3 dari jurusan Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, dan Teknologi Informasi.

Untuk mendaftar di Kementerian Luar Negeri harus melakukan registrasi online terlebih dahulu. Dari membuat akun hingga mencetak dokumen-dokumen yang nantinya akan dikirim ke pusat, dilampirkan beserta surat lamaran.

Segera saja saya mempersiapkan segala berkas yang dibutuhkan, mulai dari Surat Lamaran, Surat Pernyataan, Fotocopy Identitas Diri, Fotocopy Daftar Riwayat Hidup, Fotocopy Ijazah Terakhir, Fotocopy Transkip Nilai, Fotocopy Akta Kelahiran, dan Pas Photo. Tanggal 8 september 2013, semua berkas sudah siap dan hari itu juga saya kirim via Pos Indonesia.

Setelah menunggu beberapa hari, tepatnya pada tanggal 25 september 2013 saya mendapatkan e-mail dari Panitia Perekrutan CPNS Kementerian Luar Negeri bahwa saya lolos tahap seleksi Administrasi. Alhamdulillah …

Dalam e-mail tersebut ada 2 informasi, yaitu mencetak Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan Informasi untuk Jadwal Tes Kompetensi Dasar. Saya mendapat jadwal tes pada tanggal 6 Oktober 2013 pukul 13.30 – 15.00 (Sesi 3) berlokasi di gedung Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Luar Negeri (Gedung Caraka Loka) yang berada di alamat Jl. Sisingamangaraja No. 73, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Langkah selanjutnya, saya memesan tiket untuk berangkat ke Jakarta. Saya pilih naik kereta api saja, karena biayanya yang lebih murah dibanding dengan naik bus. Saya berangkat tidak sendiri, karena ada seseorang yang bersedia menemani saya berangkat ke Jakarta. Spesial, saya sangat berterima kasih kepada dia yang telah mengorbankan waktu dan tenaga. Semoga kebaikanmu mendapatkan ganjaran yang setimpal oleh Allah Swt. Amiin …

Saya pesan tiket KAI untuk tanggal 5 Oktober 2013 dengan keberangkatan pukul 16.30 dari St. Lempuyangan (Yogyakarta) ke St. Pasar Senen (Jakarta). Sekaligus pesan tiket untuk balik lagi ke jogja pada hari minggu malam. Harga tiket untuk saat itu, Rp. 50.000,-. Karena saya memesan tiket via online, maka ada biaya tambahan untuk administrasi sejumlah Rp. 7500,-.

Tiba dihari H, kamipun berangkat. Selama perjalanan, alhamdulillah tidak ada kendala suatu apapun. Walaupun cuma kereta ekonomi, tapi tetap nyaman kok. AC nya terasa walaupun tidak sedingin kereta bisnis / eksekutif.

Pukul 02.00, kami tiba di St. Pasar Senen. Karena masih pagi buta, kamipun istirahat di mushola St. Pasar Senen hingga waktu subuh. Pada waktu subuh, kamipun mencari masjid terdekat St. Pasar Senen. Saya lupa nama masjidnya. Kami shalat subuh disitu sekalian numpang mandi pagi.

Sekitar pukul 6, kami mulai mencari lokasi gedung Caraka Loka dengan bertanya bapak penjaga masjid. Katanya naik Trans Jakarta saja, selanjutnya nanti tanya dengan petugas halte. Untungnya, halte Trans Jakarta tidak jauh dari masjid itu. Kami menuju ke halte tersebut dan nama halte tersebut adalah Halte Senen Sentral. Kami beli tiket dengan harga Rp. 2000,- per orang karena masih pagi. Tapi kalau sudah sore harga tiket Trans Jakarta menjadi Rp. 3500,- per orang.

Dari halte Senen Sentral, kami naik bus Trans Jakarta dan transit di halte Harmoni Sentral. Kami pindah bus yang menuju ke arah Bundaran Senayan. Di halte Bundaran Senayan, kami turun dari bus dan berjalan kaki ke arah gedung caraka loka. Ternyata lumayan jauh juga jaraknya dengan berjalan kaki.

Sekitar pukul 08.00, kami sampai di gedung caraka loka. Jadwal tes saya masih lama, karena mulai pukul 13.00. Kamipun mencari tempat istirahat sembari menunggu siang. Setelah berjalan sedemikian jauhnya, perut kami lapar. Untung masih punya persediaan sisa bekal nasi semalam yang kami bawa.

Tiba saatnya jadwal tes, yaitu pukul 13.00. Saya masuk ke lokasi sebelum pukul 13.00 karena ada briefing terlebih dahulu. Setelah briefing, peserta tes sesi 3 masuk kedalam ruangan tes. Didalam ruangan sudah disediakan puluhan laptop karena sistem tes yang digunakan adalah sistem Computer Assisted Test (CAT).

Pukul 13.30, start tes pun dimulai. Jumlah soal ada 100, terbagi atas 3 bagian yaitu meliputi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Selama 1.5 jam atau sampai jam 15.00, peserta diberi waktu untuk menjawab soal-soal tersebut.

Tepat pada pukul 15.00, tes untuk sesi 3 selesai. Hasil jawaban atas soal-soal yang sudah dikerjakan peserta, dapat dilihat diluar gedung pada sebuah layar monitor. Hasil tersebut, bukan merupakan hasil akhir yang menentukan lolos atau tidak untuk tahap seleksi TKD ini. Hasil tersebut hanya merupakan poin dari hasil jawaban peserta selama 1.5 jam menjawab soal-soal tes didalam ruangan tadi. Hasil seleksi yang lolos akan diumumkan melalui akun masing masing peserta. Harap2 cemas juga, karena sampai artikel ini ditulis, belum juga ada pengumuman. Buat teman-teman, apapun hasil yang kalian peroleh, selama itu dikerjakan dengan sungguh-sungguh, tidak ada yang namanya sia-sia. Allah Maha Adil dan Bijaksana, Allah tidak tidur, terus berdoa, dan tetap istiqomah.

Akhirnya, Tes Kompetensi Dasar Kementerian Luar Negeri 2013, done! Saya dan dia pulang dengan naik trans jakarta menuju ke St. Pasar Senen untuk menanti “Progo” yang berangkat dari St. Pasar Senen menuju St. Lempuyangan pada pukul 22.00. Jogja… I come back…!
#Halah lebay tenan …

Salam JFS…!

Explore posts in the same categories: CPNS

Tags: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

2 Comments on “BERBAGI CERITA : TES KOMPETENSI DASAR (TKD) KEMENTERIAN LUAR NEGERI (KEMLU) 2013”

  1. disan Says:

    Semoga lolos TKDnya yaaaah.. Semangaaat terusss.. (9`⌣´)9


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: