BERBAGI CERITA : TES KEMAMPUAN BIDANG (TKB) KEMENTERIAN LUAR NEGERI (KEMLU) 2013

Alhamdulillah, baru bisa nge-post sekarang setelah beberapa hari tertunda. Sedikit cerita lagi, melanjukan postingan yang sebelumnya tentang Tes Kemampuan Dasar.

Hari demi hari, pemantauan di wesbsite e-cpns.kemlu.go.id terus saya lakukan setelah melalui tahapan Tes Kemampuan Dasar (TKD) pada tanggal 6 oktober 2013 lalu. Akhirnya, pada tanggal 22 Oktober 2013 sekitar pukul 22.00 WIB, hasil TKD pun diumumkan. Alhamdulillah, tidak ada kata yang bisa ku ucap, selain rasa syukur kepada-Nya setelah membaca pengumuman tersebut. Saya masih diberi kesempatan melanjutkan tes CPNS Kementerian Luar Negeri 2013 untuk tahap yang kedua yaitu Tes Kemampuan Bidang (TKB).

Keesokan harinya, saya langsung pesan tiket kereta api melalui reservasi tiket KAI secara online. Alhamdulillah, masih dapat bangku kereta walaupun dengan harga yang lebih mahal dibandingkan waktu tes yang pertama.  Kalau tes yang pertama, bisa mendapat tiket dengan harga Rp. 50.000,- untuk tes yang kedua ini saya berangkat naik kereta ekonomi GAJAHWONG dengan harga tiket Rp, 170.000,- dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju ke Stasiun Pasar Senen.

Tes Kemampuan Bidang Kemlu 2013, dijadwalkan tanggal 26 Oktober 2013. Oleh karena itu, saya berangkat dari Stasiun Tugu Yogyakarta pada tanggal 25 Oktober 2013, tepatnya dihari Jum’at pukul 18.00 WIB. Dengan membawa motor sendiri, saya parkir inapkan motor di Stasiun Tugu. Sampai hari minggu pagi dikenakan biaya Rp. 12000, dengan rincian : biaya parkir Rp. 2000 dan biaya inap 2 malam x Rp. 5000.

Kira2 pukul 04.00 WIB, kereta ekonomi GAJAHWONG tiba di Stasiun Pasar Senen. Dari Stasiun Pasar Senen, saya langsung menuju Masjid Raya Al-Arief untuk mandi sekaligus shalat subuh. Dari kota Jogja saya berangkat sendiri, ternyata di Masjid Al-Arief, saya malah dapat kenalan yang punya tujuan sama mau melaksanakan tes kemlu juga. Alhamdulillah bisa dapet barengan. Nama mereka berdua adalah Heru dan April.

Pukul 04.45, kami menuju halte Central Senen. Ternyata belum buka, hihihi… Tapi walaupun belum buka, sudah ada warga yang mengantri. Tepat pukul 05.00 loket transjakarta pun dibuka. Karena masih pagi, harga tiket masih Rp. 2000. Lokasi tujuan kami adalah Jakarta International Expo (JIExpo). Karena disitulah tempat kami akan melakukan ujian TKD. Karena kami sama sama tidak tahu lokasi, kamipun tanya petugas halte. Dia bilang naik saja bus yang kearah Jembatan Merah. Lumayan lama kami menunggu bus datang. Pada pukul 05.20, bus yang menuju ke arah Jembatan Merah pun datang. Untuk menuju halte Jembatan Merah dari halte Senen Central membutuhkan waktu 10 menit. Tiba di halte Jembatan Merah, kami bertanya lagi. Kata petugas, “naik mikrolet 53, tunggu saja didepan bank Mandiri itu”, sambil menunjukkan arah dengan tangannya. Kamipun mengikuti petunjuk petugas tersebut. Tak lama mikrolet 53 pun datang. Dari lokasi naik mikrolet ke simpang JIExpo hanya membutuhkan waktu kira kira 7 menit. Untuk ongkosnya? Karena kami gak tau berapa harga ongkosnya, kami kasih ke sopir uang Rp. 10.000 untuk bertiga dan diberi kembalian Rp. 2500, berarti ongkos per orang adalah Rp. 2500. Tak apalah, yang penting sampai dilokasi.

Turun dari mikrolet, ternyata tidak langsung sampai didepan JIExpo, kami harus berjalan lagi kira kira 700 meter. Karena masih kepagian, gerbang masih ditutup dan belum boleh masuk. Kamipun memutuskan untuk sarapan bubur ayam terlebih dahulu. Mau tau harga bubur ayam nya? Rp. 7000 per porsi.

Sekitar pukul 07.30, kami masuk ke lokasi untuk mencari Hall A2 dan A3. Masuk kedalamnya lumayan jauh, untung udah dapat suplai tenaga dari sarapan bubur ayam tadi. Didepan Hall A1 para peserta tes menunggu pukul 8 karena sesuai dengan jadwal, registrasi ulang dijadwalkan pada pukul 08.00 – 08.30.

Pada pukul 08.00, para peserta dipersilahkan menuju tempat registrasi ulang dan saya dapat ruang tes digedung A2 tepatnya disisi timur gedung atau sub sektor A2 – 6. Tepat pukul 09.00 sesuai jadwal, ujian pun dimulai. Tak lupa sebelumnya sudah dipersiapkan pena, pensil 2B, penghapus, peruncing, dan alas ujian. Ujian berlangsung selama 3 jam.

Soal ujian terdiri dari 100 pilihan ganda dan 2 essay. Untuk formasi Petugas Komunikasi (PK), 10 soal pertama berisi tentang undang-undang, pasal-pasal dan segala sesuatu pengetahuan umum tentang Kementerian Luar Negeri. 90 soal sisanya berisi tentang materi dibidang IT mencakup Sistem Operasi (Linux dan Windows), ilmu jaringan komputer wire / wireless, perangkat jaringan komputer (router, switch, hub, pewarnaan kabel jaringan, dll), ilmu teknik keamanan data (sniffing, enkripsi, deskripsi, dll), serta ada juga beberapa potong script program yang menggunakan bahasa pemrograman C / C++. Sedangkan untuk soal essay mempunyai 2 versi bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Soal essay versi bahasa Indonesia berisi tentang pertanyaan bagaimana membangun dan mengelola sebuah portal web. Mulai dari perancangan hingga masalah keamanan. Sedangkan untuk soal essay versi bahasa Inggris, berisi tentang pertanyaan tentang motivasi peserta mengikuti tes CPNS Kementerian Luar Negeri dan kemampuan / kelebihan apa yang dimiliki dan bisa diberikan andai dapat bergabung dengan Kementerian Luar Negeri. Jawaban dari setiap soal diminta 100 kata.

Alhamdulillah, sekitar pukul 11.50, saya sudah menyelesaikan semua soal. Keluar ruangan lega rasanya. Tinggal menunggu pengumuman kelulusannya yang dijadwalkan pada tanggal 6 November 2013. Sekarang waktunya pulang ke Yogyakarta. Sudah pesan tiket dari jogja sebelumnya untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen pukul 18.55. Masih lama waktunya. Karena gak ada teman juga gak tau jalan (pengennya sih jalan2 dulu), akhirnya nunggu saja di Masjid Raya Al-Arief sekalian shalat sambil istirahat.

Setelah menunggu selama 4 jam, tibalah waktu keberangkatan. Ba’da magrib, dari masjid Al-Arief menuju Peron St. Pasar Senen dan naik kereta BOGOWONTO. Jogja, I’m coming… Again…

Salam JFS…!

Explore posts in the same categories: CPNS

Tags: , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.