BERBAGI CERITA : NOSTALGIA NINTENDO DAN SEGA MENGGUNAKAN EMULATOR DI UBUNTU 12.04


image-of-nintendo-game

Screenshot Nintendo Game

image-of-sega-game

Screenshot Sega Game

Masih ingat dengan permainan – permainan diatas? Ya, mereka adalah salah satu diantara teman sejati penulis (saya) di masa kecil. Tetris (Kiri Atas), Battle City (Tengah Atas), dan Ice Climber (Kanan Atas) merupakan salah tiga diantara permainan Nintendo. Sedangkan bagian yang bawah yaitu Sonic the Hedgehog 2 (Kiri Bawah), Dragon Ball Z (Tengah Bawah), Tiny Toon the Adventures merupakan salah tiga diantara permainan Sega. Ke-enam game tersebut merupakan game terfavorite pada waktu itu.

Waktu dulu, kalau mau main Nintendo ataupun Sega, harus beli perangkatnya, kalau gak ya nebeng tempat kawan yang udah punya. Jaman belum ada PS coy..! Udah keliatan mewah meskipun grafisnya pas2an, hehehe… Untuk harga Nintendo dulu gak tau berapa’an ya? Soalnya dapet dari warisan. Kalau untuk harga Sega Mega Drive, masih ingat sekali diingatan, yaitu seharga 250 ribu rupiah soalnya duit yang buat beli sega hasil duit sunat, hihihi…

Tapi semenjak menggunakan komputer dan kenal dengan internet, saya jadi tahu tentang emulator yang bisa mensimulasikan sesuatu di perangkat komputer. Salah satunya yaitu emulator untuk Nintendo dan Sega. Cara instalasinya sangat gampang, apalagi kalau di Linux, terutama di Ubuntu. Oke langsung saja saya kasih tau caranya. Kebetulan saya pakai Linux Ubuntu 12.04.

Perangkat yang dibutuhkan :

  • PC/Laptop/Notebook.
  • Sistem Operasi Linux (Kalo pakai Windows? Boleh kok), tapi yang akan saya jelaskan disini menggunakan sistem operasi Linux Ubuntu 12.04. Nama emulatornya sama saja untuk linux maupun windows.
  • Koneksi internet. Via apa aja boleh. Modem, wi-fi, dan lain sebagainya, yang penting terkoneksi internet buat download emulator.
  • Dan yang terakhir, tentunya gamepad/joystick. Gak lengkap donk, kalau tanpa gamepad/joystick. Pakai keyboard bisa sih, tapi kurang nyaman.

INSTALASI EMULATOR NINTENDO

Caranya :
Buka / jalankan aplikasi Terminal. Bisa melalui Dash Home atau dengan menekan tombol CTRL + ALT + T secara bersamaan. Kemudian ketik perintah ini di terminal:

sudo apt-get install fceux

dan enter.
Setelah terinstall, jalankan fceux Dash Home. Tampilan awal adalah seperti berikut :

tampilan-fceux

Tampilan Emulator FCEUX

Menu yang pasti digunakan pada emulator fceux antara lain :
* File –> Open ROM

Menu ini digunakan untuk membuka game baru. Tipe file yang digunakan antara lain *.nes, *.fds, *.nsf, *.zip. Khusus untuk file yang bertipe ‘zip’ biasanya terdapat lebih dari 1 judul permainan dalam 1 file. Tapi gak semua yang tipe filenya zip, lebih dari 1 judul permainan lho ya. Saya kasih beberapa link buat download game – game nintendo:

http://www.nesfiles.com/Games.aspx
http://www.freeroms.com/nes.htm
http://coolrom.com/roms/nes/

* File –> Save State As

Menu ini digunakan sebagai pengganti memory card. Loh, emang nintendo ada slot ‘memory card’ nya? Ya gak ada donk. Tapi kurang lebih fungsinya sama seperti memory card yaitu buat menyimpan game yang saat itu sedang dimainkan. Bisa buat curang nih menu. Contoh : Lagi main Super Mario, waktu mau nge-lawan raja, nah klik aja menu ini, nanti kalo mati, tinggal di load aja, jadi gak  usah ngulang lagi dari awal, hehehe…

* File –> Load State From

Nah, kalau menu yang ini masih berhubungan dengan menu yang diatas. Fungsinya buat nge-load save2-an state yang sudah tersimpan di hard disk.

* Option –> Gamepad Config

controller-configuration
Gambar diatas, merupakan penampakan dari Gamepad Config. Fungsinya yaitu untuk konfigurasi controller gamepad. Saya pakai gamepad dengan merk X-Tech Inferno, lancar jaya. Tidak ada kendala gamepad tak terdeteksi ataupun yang lainnya. Cara pengaturannya sangat mudah, hanya memilih tombol Change pada Controller Configuration setelah itu tekan/gerakkan salah satu tombol dari gamepad. Sesuaikan Controller Configuration dengan button gamepad.

* Emulation –> Reset

Menu ini sama fungsinya dengan mengeluarkan ‘kaset’ pada nintendo yang sebenarnya. Kalo gak salah, ada tulisan Reject di Nintendonya.

* Emulation –> Soft Reset

Menu ini sama fungsinya dengan tombol Reset yang ada pada perangkat Nintendo.

INSTALASI EMULATOR SEGA

Caranya :
Download emulator-nya disini
Download BIOS-nya disini

Untuk emulator Sega, tidak perlu instalasi karena aplikasi berbentuk portable alias langsung bisa dieksekusi. Setelah file “Fusion363x.tar.gz” terdownload, ekstrak file tersebut. Dari hasil ekstrak, didalamnya terdapat file Fusion.

screenshot-file-fusion

File Hasil Ekstrak-an

Untuk eksekusi fusion yaitu dengan cara meng-klik double pada file Fusion, tampilan akan seperti ini :

Tampilan Awal Fusion Emulator

Tampilan Awal Fusion Emulator

Nah, untuk apa download file BIOS? Simak penjelasan selanjutnya.

Menu – menu  yang pasti digunakan pada emulator ini antara lain:
* Load Genesis / 32X ROM

Menu ini terletak didalam menu File. Fungsinya yaitu untuk me-load atau tepatnya memulai game genesis/sega. Nih saya kasih lagi link buat download game (ROM) genesis/sega :

http://www.freeroms.com/genesis.htm
http://coolrom.com/roms/genesis/
http://www.emuparadise.me/

Semoga belum jadi deadlink. Sampai saat penulis memposting artikel ini, link – link yang penulis lampirkan masih aktif dan ROM masih bisa didownload.

* Soft Reset

Menu ini terletak didalam menu File. Fungsinya yaitu untuk mereset secara software. Kalau tidak salah, diperangkat Sega Mega Drive ada tombol untuk mereset. Nah itu fungsinya sama dengan menu Soft Reset.

* Save State As

Menu ini terletak didalam menu File. Sama seperti di Nintendo, menu ini digunakan untuk menyimpan sampai dimana permainan kita mainkan.

* Load State As

Menu ini terletak didalam menu File. Fungsinya yaitu untuk me-load / membuka file save2-an state yang sudah tersimpan.

* Set Config (BIOS)

Nah ini dia fungsi dari file BIOS yang sudah didownload sebelumnya. Tampilannya adalah seperti berikut :

Tampilan Setting BIOS

Tampilan Setting BIOS

Menu ini terletak didalam menu Options dan terletak pada tab Genesis. Salah satu fungsi dari BIOS ini adalah memunculkan suara (sound) dari game. Jika BIOS ini tidak dilampirkan, secara default sound akan disable dan tidak dapat di enable. Oleh karena itu, kita harus me-load file BIOS melalui menu Browse seperti gambar diatas. 
Catatan :
File BIOS yang sudah didownload sebelumnya harus diekstrak dulu, karena masih dalam format zip.

* Set Config (Gamepad)

Menu ini terletak bersebelahan dengan menu untuk setting BIOS. Terletak di tab Controllers.

Tampilan Setting Gamepad (Controllers)

Tampilan Setting Gamepad (Controllers)

Langkah yang pertama agar gamepad terdeteksi ya mencolokkannya pada komputer/laptop. Maka di [Port 1 | Use] akan muncul gamepad yang terpasang seperti gambar diatas. Untuk pengaturan tombolnya, klik menu Define kemudian ikuti langkah selanjutnya. Pengaturan tombol gamepad disesuaikan selera demi kenyamanan dan kebaikan bersama, halah opo toh…

Yup, sekian saja penjelasan tentang emulator Nintendo dan Sega yang bisa dimainkan dikomputer, laptop, atau notebook sekalipun. Semoga bermanfaat dan bisa menghibur temen2 sekalian. Selamat bernostalgia.

Salam JFS…!

Explore posts in the same categories: Linux

Tags: , , , , , , , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: