BERBAGI CERITA : REVIEW NOKIA 112


Box Nokia 112

Box Nokia 112

Pengen ganti handphone, eh akhirnya kesampean juga. Saya jatuh pilihkan pada Nokia 112. Suatu sore, tepatnya pada 8 februari 2014, berniatkan iseng2 sekalian jalan-jalan sambil cari2 handphone. Lokasi pencarian pertama didaerah Gejayan, Moses, dan sekitarnya. Ternyata gak ada. Kata penjual disana, Nokia 112 sudah tidak keluar lagi. Malah ditawarin handphone dengan berbagai macam merk. Dengan ‘kekeh’ tetap pengen cari Nokia 112, akhirnya ganti lokasi pencarian. Hampir bingung mau cari dimana, sambil jalan sambil searching di internet. Setelah browsing, kebetulan di tokobagus ada yang jual Nokia 112 dan statusnya masih baru. Alamatnya di Jl. Kaliurang KM. 8,3. Gak pake lama, langsung menuju ke TKP.

Ternyata toko yang dicari sangat mudah sekali ditemukan, karena memang terletak dipinggir jalan. Sesampainya dilokasi, langsung tanya penjualnya dan ternyata barangnya masih ada. Sama penjualnya ditawarin yang warna cyan. Tapi dari awal, memang pengen cari warna yang putih dan Alhamdulillah ‘ndelalah’ kok ada. Harganya Rp. 485.000. Memang rada mahal dari harga umumnya yang rata2 dibanderol dengan kisaran harga Rp. 450.000. Apalagi model handphone ini udah keluaran lama. Tapi tak apa lah, gak tau lagi mau cari dimana dan belum tentu ditempat lain ada warna putih.

2014-02-09 11.34.12

Harga Nokia 112

Dengan hati yang mantab, deal pun terjadi antara penjual dan pembeli. Tiba tiba saya disodori ‘cutter’. Saya pikir buat apa, ternyata saya disuruh buka segel sendiri. Baru kali ini begini. Soalnya kalo beli handphone ditempat lain, segel box udah dibukain sama penjualnya duluan. Setelah dibuka, ini penampakan Nokia 112 dengan warna putih :

2014-02-09 11.12.36

Nokia 112 (White)

Kelengkapan dari Nokia 112 :
– Box
– Batterai
– Manual Bok
– Headset
– Charger

Keesokan harinya …
Hari ini adalah  hari kedua saya pakai Nokia 112. Sedikit nge-review apa yang sudah saya rasakan setelah menggunakan handphone ini. Segala yang ada diartikel ini menurut pengalaman saya lho ya. Jadi kalau ada pengguna Nokia 112 lain yang tidak sependapat dengan saya, ya wajar. Karena baru dua hari handphone saya pakai, tidak menutup kemungkinan ada update informasi tentang Nokia 112 pada artikel ini dikemudian hari.

1. Dari Sisi Fisik
Nokia 112 adalah handphone dengan fitur Double SIM Card. Sebenarnya pilihan warna untuk Nokia 112 ada 4, yaitu Hitam, Merah, Cyan, dan Putih. Karena salah satu warna favorite, saya pilih warnah putih. Jenis hp ini adalah candy-bar, tentunya sangat pas sekali digenggaman. Body ramping dan agak memanjang. Dibagian belakang agak menggelembung, jadi gak kotak2 banget-lah bentuknya. Lumayan stylish gitu loh, hehehe…

Untuk masalah bentuk, saya rasa sudah cukup. Namun menurut saya ada beberapa kekurangan, diantaranya :

– Untuk tombol tengah. Letaknya yang agak lebih dalam dan cukup sempit diantara tombol navigasi. Sehingga lumayan menyulitkan saat menekan tombol tengah yang terkadang berbarengan secara tidak sengaja tombol navigasi pun ikut tertekan.

– Untuk keypad. Memang cukup nyaman saat digunakan untuk ber-sms ria. Namun, menurut saya ada yang agak sedikit mengganggu, terutama dikala keheningan melanda, yaitu suara ‘cetik – cetik’ tombol, memang lumayan nyaring. Maklum saja, wong bukan touchscreen.

2. Dari Sisi Software
Dari sisi software, lumayan gesit. Tapi belum tau untuk jangka panjang seperti apa nantinya, data masih belum terlalu banyak. Semoga selalu sehat wal ‘afiat.
* Aplikasi Pesan

Untuk aplikasi pesan, standar seperti biasanya. Yang agak berbeda, aplikasi pesan Nokia 112 bisa disetting dalam dua mode. Mode Biasa (inbox view) dan mode Conversation (Thread View, seperti aplikasi pesan di handphone android, jadi tidak ada inbox, seperti chatting).

* Aplikasi Bawaan

Cukup banyak. Terutama untuk aplikasi internetnya. Chat, Nokia Express Browser, Facebook, Twitter by Nokia, Opera Mini, E-Buddy, dan Nimbuzz. Semua berjalan dengan baik.

* Internet

Jaman sekarang, punya handphone gak bisa internetan, bagai sayur tanpa garam. Nokia 112, sudah menyertakan 2 aplikasi browser bawaan yaitu Nokia Express dan Opera Mini 4. Semua berjalan dengan baik menggunakan provider Indosat IM3. Koneksi bisa dibilang lumayan kencang walaupun masih dalam jaringan edge/gprs (saya mencobanya dan merasakan sendiri).

* Entertainment

File berformat MP3 dan Video sudah didukung oleh handphone ini. Tidak hanya memuatar video secara offline, Nokia 112 sudah bisa streaming YouTube dan lagi2 berjalan dengan baik karena saya sudah mencobanya sendiri secara langsung.

* Update Software

Nah ini dia fitur Nokia yang baru saya tau (bisa jadi mungkin saya yang gak uptodate, hehehe…). Hari pertama, saya langsung ‘menjajal’ koneksi internet. Setelah berhasil terkoneksi, saya buka menu Setting –>Device –> Device Updates –> Download Device Software. Ketika saya pilih menu Download Device Software, secara otomatis akan menjalankan aplikasi yang berfungsi untuk mendownload update-an dari situs Nokia. Ukuran file kurang lebih 5 MB. Setelah file terdownload, kemudian memilih lagi menu Install Software Update, maka akan muncul konfirmasi untuk mem-back-up data terlebih dahulu jika memang sudah terdapat data didalam memory handphone. Karena masih baru dan belum ada data penting, saya lanjutkan proses instalasi. Seketika saat itu juga, handphone merestart dengan sendirinya. Proses instalasi, memakan waktu kurang lebih 10 menit. Tadinya agak was2 juga, berhasil apa gak nih, masih baru kalo gagal update kan gak enak juga. Setelah ditunggu, proses instalasi akhirnya selesai. Saya tidak merasakan perubahan yang signifikan antara sebelum dan sesudah update software. Hanya ada satu menu yang bertambah di menu utama yaitu menu YouTube. Ternyata jika ingin streaming video YouTube di Nokia 112, haruslah update software terlebih dahulu.

Namun ada kekurangan yang cukup kurang nyaman dilihat menurut saya. Berikut screenshot-nya :

2014-02-09 09.26.36.
Dari gambar tersebut, terlihat saat ‘keypad locked’, ada sisa ruang kosong pada layar. Tidak hanya saat mengunci keypad, tapi juga beberapa menu yang membutuhkan konfirmasi/informasi. Untuk meminimalisir kekurang-nyamanan tersebut, saya atasi dengan mengganti theme. Saya menggunakan theme Express Music  yang saya download dari situs rekomendasi Nokia. Dan hasilnya lebih ‘mendingan’ dan lebih enak dilihat.

Hanya itu saja review Nokia 112 yang bisa saya berikan untuk sementara ini.  Untuk fitur – fitur yang lainnya, masih standar seperti Nokia candy-bar lainnya. Overall saya cukup puas menggunakan Nokia 112 ini meski ada beberapa cacat dan kekurangan seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Segala sesuatu tidak ada yang sempurna. Kesempurnaan hanya milik Tuhan semata.

Update Info . . . !!!

  1. Tidak bisa ‘Insert Contact‘ dari phonebook saat menulis pesan. Cukup memperlambat, apalagi bagi yang bisa jualan pulsa via ponsel seperti saya.
  2. Layar udah mulai ‘goyang goyang bergelombang‘, mulai ‘lemot’ saat perpindahan menu padahal memory card masih lega. (2 Maret 2014)
  3. Tombol navigasi sudah mulai ada tanda – tanda bermasalah (10 Maret 2014)
  4. Akhir akhir ini kadang mulai nge-blank putih. Mau gak mau restart paksa, lepas baterai.
  5. Karena sistem pesan yang digunakan adalah thread view, kadang kadang ada pesan yang nganclong. Misalnya pesan yang dikirim oleh si A, masuk dikumpulan pesan si B. Kalau sudah begini, solusinya restart hp. Nanti bisa normal kembali.
  6. Saya pakai fitur keamanan Phone Lock. Jadi saat keypad hp terkunci dan ingin membuka, maka harus memasukkan kode. Nah, yang jadi masalah akhir-akhir ini, saat ingin membuka kunci keypad, terjadi ‘error code‘. Padahal kata sandi sudah benar. Sudah terjadi 2x pada Nokia 112 saya. (29 May 2016).
  7. Kecepatan download Nokia 112 adalah up to 30 kbps. Catatan speed ini diuji coba menggunakan kartu provider 3 dan menggunakan UC Web browser.

Salam JFS…!

Explore posts in the same categories: Perangkat Keras

Tags: , , , , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

6 Comments on “BERBAGI CERITA : REVIEW NOKIA 112”

  1. Mbahwo Says:

    Info yg berguna, gan 🙂 pengen juga nokia 112…….tapi emang masih ragu2. Dulu pake LG a275 dual sim, tapi kalo pake kartu tri jadi emergency call melulu malah sering no sim card 😦 akhirnya pengen ganti nokia 112 ato samsung c3322, tapi blum kesampean, blum ada duitnya 😀 😀 😀

    • triisnanto Says:

      Thanks gan udah mampir. Kartu Simpati, AS, IM3, Mentari, Tri, udah saya jajal semua di Nokia 112, dan semua lancar. Buat sms or telponan udah lumayan cukup nyaman. Enak buat browsing. Download juga lumayan kenceng. Tapi ya tergantung kekuatan sinyal juga.

  2. Pandu Djokam Says:

    Hp saya jga nokia 112 tapi saat mengupdate software gagal trusz gi mana gan biar brhasil

    • triisnanto Says:

      1. Pastikan koneksi internet terkoneksi lancar.
      2. Koneksi internetnya pakai SIM CARD 1 ya. Kalau SIM CARD 2, biasanya gak mau. Udah aturan dari pabrik.
      3. Kalo gak bisa juga, berarti memang server di nokia nya yang udah ‘dead-link’. Kebetulan beberapa hari ini, saya juga pengen update aplikasi chat-nya. Tapi ada keterangan ‘link not found’. Jadi kemungkinan, server buat update-an udah gak ada lagi. Waktu awal tahun 2014, memang masih bisa update. Baru baru ini aja gak bisa.
      ————————
      Terimakasih udah mampir.


  3. Saya punya nokia 112. Menu kontak nya klo di klik selalu operasi gagal. Kenapa yah??? Dan klo nelpon atau di telpon malah restart hp nya. Klo buat sms an lancar.

    • triisnanto Says:

      Hai, thanks ya udah mampir. Kok hampir sama ya trouble-nya kayak punya saya. Lama kelamaan layarnya nge-blank, jadi black screen. Saya juga bingung entah kenapa. Belum sempat diserviskan, sekarang malah matot alias mati total. Akhirnya ya wassalaam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: