BERBAGI CERITA : MEMBUAT SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK)


Pertama kali membuat Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yaitu tahun 2013. Waktu itu digunakan untuk melengkapi persyaratan administrasi seleksi CPNS. Setelah mencari diberbagai media, gak taunya ada seorang kawan berbaik hati yang mau berbagi informasi. Katanya caranya gampang, yaitu datang saja ke Polda (Kepolisian Daerah) dan jika sudah sampai sana, cari bagian yang melayani pembuatan SKCK. Disana akan terdapat pengumuman/informasi syarat apa saja yang dibutuhkan. Dengan tanpa ragu, keesokan harinya saya berangkat menuju Polda. Karena saya tinggal didaerah lampung, tentu saja Polda yang dituju adalah Polda Lampung yang beralamatkan di jl. WR Supratman No. 01 Teluk Betung Bandar Lampung.

Syarat –  syaratnya adalah sebagai berikut :

  1. Fotocopy Sidik Jari
  2. Fotocopy KTP
  3. Fotocopy Kartu Keluarga
  4. Pas Foto 4×6
  5. Map

Tahap yang pertama yaitu melakukan sidik jari jika memang belum pernah membuat SKCK. Ada ruangan khusus untuk pemeriksaan sidik jari. Untuk saat ini, letak ruangannya masih berseberangan dengan ruangan pembuatan SKCK.

Setelah selesai sidik jari, barulah menuju ke ruangan pembuatan SKCK. Disana bilang saja sama petugas ingin membuat SKCK. Nanti oleh petugas, akan diberi formulir kosong untuk diisi.

Setelah selesai mengisi formulir permohonan SKCK, masukkan kedalam map. Jangan lupa disertakan juga fotocopy sidik jari, fotocopy KTP, fotocopy Kartu Keluarga, pas foto 4×6. Serahkan kembali ke loket dimana kita mengambil formulir tadi. Jika sudah, maka tinggal menunggu giliran hingga dipanggil.

Jika sudah dipanggil, nanti kamu akan diminta tanda tangan serta biaya pembuatan SKCK sebesar Rp. 10.000. Dan setelah itu jadi deh SKCK barumu. Kalau mau legalisir, fotocopy SKCK yang asli beberapa lembar dan serahkan kembali ke petugas untuk dilegalisir.

Sedangkan jika masa berlaku SKCK sudah habis dan ingin melakukan perpanjangan, prosesnya hampir sama dengan diatas, hanya saja tidak perlu sidik jari lagi. Itu saja prosesnya, gampang kan?

Salam JFS…!!!

Explore posts in the same categories: Pengalaman Pribadi

Tags: , ,

You can comment below, or link to this permanent URL from your own site.

6 Comments on “BERBAGI CERITA : MEMBUAT SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN (SKCK)”


  1. semakin mudah pelayanan skck
    makasih infonya


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: